IBX5B5E115A9BF4E

Penyebab dan Cara Menangani Cacar Air


Cacar air atau sering disebut Varella adalah salah satu jenis penyakit yang biasanya terjadi pada anak. Munculnya ruam berisi cairan yang tumbuh diseluruh badan. Cairan tersebut penyebab anak merasa gatal yang luar biasa. Kondisi ini termasuk sebagai penyakit ringan sehingga Anda tidak perlu terlalu khawatir. Apalagi jika cacar mulai terlihat setelah anak melakukan vaksinasi cacar. Keadaan tersebut dianggap wajar. Namun, tetap saja orang tua harus mengawasi agar anak tidak terlalu menggaruk ruam secara berlebihan.

Penyebab dan Cara Menangani Cacar Air

Sedangkan untuk gejalanya bisa diawali dengan demam, tenggorokan kering, lemas, dan pusing. Semua gejala ini diiringi dengan kemunculan ruam kemerahan pada seluruh tubuh. Jenis penyakit ini disebabkan oleh virus bisa juga oleh sebab lain yang berasal dari luar lingkungan. Sebagai orang tua Anda harus memastikan anak dalam keadaan aman. Apabila sudah terkena makan salah satu alternatif yang mesti Anda lakukan ialah selalu menjaga kelembapan kulit. Pasalnya, ketika kulit terlalu berkeringat rasa gatal semakin terasa.

Tidak ada salahnya jika Anda memberikan bedak tabur pada anak untuk meredakan rasa tersebut. Awasi selalu tindakannya agar ruam tidak digaruk secara berlebihan yang menyebabkan luka dan persebaran ruam kian banyak. Tidak ada yang bisa menjaga anak kecuali orang tuanya. Fase ini menuntut Anda untuk ekstra sabar karena bagaimanapun secara bersamaan anak akan lebih sering rewel dibandingkan biasanya. Berikan asupan yang tepat, jika perlu konsultasikan permasalahan itu kepada ahlinya.

Cacar lebih rentan menyerang anak berusia dibawah 12 tahun. Penyebab paling utama ialah persebaran virus menular. Terjadinya kontak langsung yang menyebabkan cairan ruam menempel pada kulit menjadi faktor utama kenapa anak Anda terkena cacar. Bukan hanya ini cacar air bisa juga disebabkan oleh alasan lain yang berasal dari dalam tubuh. Entah karena sistem imun pada anak yang melemah. Berikut penjelasan lebih lanjutnya:

  1. Berada di tempat umum
Ketika Anda atau anak berada di luar lingkungan tentu secara otomatis banyak hal yang tidak terduga. Misalnya, virus yang menyebar karena tidak sengaja bersentuhan dengan penderita.

  1. Belum pernah diberi vaksinasi cacar
Vaksinasi sangat diperlukan untuk tumbuh kembang seorang anak. Jenis vaksin ini bisa didapatkan pada saat hamil.

  1. Belum mendapat tambahan imunisasi cacar
Berikutnya kurangnya imunisasi cacar yang diberikan pada si anak. Anda harus langsung membicarakan masalah ini kepada dokter untuk mendapat solusi yang tepat.

Anak tumbuh sehat menjadi kebahagiaan tersendiri untuk orang tua. Mampu melihat mereka ceria bermain dengan teman sebaya dengan lincah termasuk bagian yang mesti didapatkan oleh setiap anak. Tidak perlu mengkhawatirkan keadaan anak secara berlebihan. Biar mereka untuk bermain. Apabila cacar menghambat aktivitasnya. Anda bisa melakukan beberapa cara yang ada dibawah ini:

  • Tidak menggaruk ruam agar luka tidak bertambah menyebar.
  • Gunakan pakaian berbahan ringan dan lembut untuk mempermudah penyerapan keringat.
  • Berikan makanan dengan tekstur lembut agar memperbaiki daya tahan tubuh anak.

Cacar air bukan termasuk jenis penyakit berat. Tetapi, bagaimanapun dia membutuhkan Anda untuk terus berada di sampingnya. Berikan anak perhatian seratus persen untuk mempermudah proses penyembuhan. Keberadaan orang tua menjadi obat mujarab bagi anak. Jadi, terus temani si kecil untuk melewati fase pertumbuhannya dengan baik. Mungkin orang tua akan sedikit kerepotan karena sikapnya yang rewel. Namun, inilah bagian terpenting yang harus dilewati anak.

0 Response to "Penyebab dan Cara Menangani Cacar Air"

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.